Pages

Selasa, 07 Januari 2014

Surat Dari Annisa

          ‘Jika aku  memang,  tercipta  untukmu… ku’kan  memilikimu’
          Aku  menatapnya  sendu.  Dia  nampak  kelelahan  setelah  bermain  futsal  hampir  sejam.  Aku  berniat  memberinya  minuman  namun  niat  itu  harus  kuurungkan  saat  mengingat  statusku  yang  hanya  teman  masa  lalunya.

Surat  Dari  Annisa

          Akupun  beranjak  dari  bangku  kantin  dan  beranjak  menuju  kelasku  yang  berada  disamping  kelasnya.  Dengan  buku  Matematika  yang  sedaritadi  kubawa,  aku  melangkah  menjauh  dari  kantin  yang  berada  didepan  lapangan  futsal  SMA  Unggulan  Pertiwi.
          Aku  menatap  ke  arah  Andra,  teman  masa  laluku  yang  sangat  kukagumi.  Entah  mengapa  aku  bisa  jatuh  hati  pada  orang  yang  samasekali  tak  pernah  mempedulikanku.  Padahal  ada  David,  ketua  basket  yang  banyak  disegani  oleh  kaum  hawa  SMA Unggulan  Pertiwi  yang  amat  perhatian  padaku.

*

       
   Hari mulai  mulai  sore,  aku  berniat  untuk  pulang  kerumah.  Aku  melangkah  keluar  kelas.  Sepanjang  perjalanku  menyusuri  koridor,  yang  kulihat  hanya  siswa  -  siswi  yang  entah  mengapa masih  betah  tinggal  dikelas  mereka.
          Aku  menatap  lapangan  futsal  sejenak  namun  tiba  -  tiba  seseorang  menabrakku  dari  depan.
          Bruk!!  Aku  terjatuh.  Sakit  sekali.  Orang  tersebut  mengulurkan  tangannya  untukku,  berniat  membantuku  berdiri.  Akupun  menggapai  tangannya  dan  berdiri.  Kulihat  sosok  orang  yang  dengan  tak  sopannya  menabrakku sekaligus  membantuku.  Betapa  terkejutnya  aku  melihat  sosok  yang  kucari  tiba  -  tiba  berada  didepanku.
          “Annisa,  kamu  nggak  pa  -  pa’kan?” tanyanya  cemas.
          “An…dra…”  gumanku.  Aku  menatapnya  sejenak  kemudian  sadar  dari  lamunanku. “Ah,  iya…  aku  baik  -  baik  saja  kok”  ucapku.
          “Oh,  yaudah.  Maaf  loh, ya.  Aku nggak  sengaja.  Maaf  banget”.
          Aku  tersenyum.  “Iya,  Ndra”.
          “Kalau  gitu  aku  tinggal,  ya.. aku  ada  urusan.  Dah,  Nisa!”  serunya  kemudian  pergi  meninggalkanku  sendiri  dengan  kebahagiaan  kecil  yang  sedang  kurasakan.  Aku  tersenyum  menatapnya  yang  perlahan  pergi  menjauh.

*

          Hari  yang  cerah  ini  tak  cocok  sama  sekali  dengan  ku  yang  harus  berlari  -  larian  untuk  mengejar  waktu.  Hari  ini  aku  bangun  terlambat.  Sangat  terlambat.  Jarakku  dengan  sekolahku  saat  ini  masih  bisa  dibilang  tidak  dekat.  Kakiku  mulai  lelah.  Rasanya  aku  ingin  terjatuh.
          Namun  tiba  -  tiba  aku  merasakann ada  seseorang  yang  memegang  lenganku.  Akupun  menatap  kearahnya.  Dan  lagi  -  lagi  aku  dibuat  terkejut  olehnya.  Andra.
          “Kita  udah  telat,  Nis.  Bolos  saja,  yuk!” ajaknya  dan  tanpa  sadar  aku  meng-iya-i  ajakannya  itu.
          Andra  mengajakku  pergi  ke  taman.  Taman  tempat  terakhir  aku  dan  Andra  pergi  bersama.  4  tahun  yang  lalu,  tepat  pada  saat  ulang  tahunku  yang  ke  14  tahun.
          Andra  merebahkan  tubuhnya  diatas  rumput  hijau  taman  ini.  Akupun  hanya  duduk  disebelahnya.  Akutak  berani  menatap  Andra  sedikitpun.  Jantungku  seakan  dipompa  sangat  cepat,  apalagi  tiba  -  tiba  Andra  menggenggam  tanganku.
          “Nis,  udah  lama,  ya,  kita  nggak  jalan  bareng”  ucapnya  yang  mengejutkanku.  Akupun  hanya  tersenyum.
          “Oh iya,  aku  mau  cerita  sama  kamu”
          “Silahkan  saja”
          “Aku  sudah  pacaran  sama  Rika,  sahabatmu”  tuturnya  yang  membuatku terkejut. “Ri…Rika?”  ulangku  memastikan.
          “Iya… Dia  baik  banget.  Cantik  pula”
          Hatiku  terasa  sakit  menerima  pernyataan  Andra  yang  belum siap  bahkah  tak  pernah  siap  untuk  kuterima.  Apalagi,  pasangan  Andra  adalah  Rika,  sahabatku  sendiri.  Airmataku  tak  sanggup  kutahan.  Akhirnya,  aku  membiarkan  butiran  -  butiran  airmata  itu  terjatuh.
          “Nis…  kamu  nangis?”  tanya Andra  yang  kini  duduk  disebelahku.  “Kamu  kenapa,  Nis?”
          “hks… aku…  Aku  suka  kamu, Ndra.  Aku  cinta  kamu”  ucapku.  Akupun  beranjak  pergi  dari  taman  namun  Andra  menahanku.  Aku  tak  peduli,  akupun  melepaskan  genggamannya  dan  pergi  pulang.  Aku  tak  peduli  apa  yang  akan  ikatakan  mama  saat  melihat  anak  gadisnya  ini  pulang  dengan  mata  sembab  disaat  jam  pelajaran  masih  berlangsung.

*

          Kemeriahan  tahun  baru  telah  menghangatkan  malam  tanggal  31  desember  yang  amat  dingin  ini.  Banyak  kembang  api  yang  menghiasi  langit  malam  yang  gelap.  Besok  adalah  hari  pertama  bulan  januari  dan  itu  artinya  ulang  tahunku  hanya  tinggal  6  hari  lagi.
          Aku  tak  peduli  semua  itu.  Semangatku  telah  redup  setelah  mendengar  penuturan  Andra  yang  mengukir  luka  abadi  dihatiku.

*

          4 Januari
          Hari  pertama  masuk  sekolah.  Andra  menemui  Rika  di  kelas  XII  IPA  1,  kelasku  dan  Rika.  Tiba  -  tiba  Andra  menanyakan  kondisi  aku  pada  Rika.  Rikapun  hanya  menjawab  jika  aku  baik  -  baik  saja  kepada  Andra  sesuai  dengan  sms  yang  kukirim  semalam.
          5, 6 Januari
          Andra  masih  rajin  menghampiri  kelasku  untuk  menanyakan  keadaanku,  namun  yang  dia  dapat  adalah  penyataan  bahwa  aku  masih  liburan  di  Bandung  dengan  keluargaku  oleh  teman  -  temanku.
          7 Januari
          Entah  kenapa  Andra  seperti  merasa  ada  yang  tidak  beres  dengan  ketidakhadiranku  di  sekolah.  Andra  memutuskan  dating  kerumahku.  Dan  dugaan  Andra  benar,  manamungkin  aku  ke  Bandung  sedangkan  Mama  berada  dirumah.  Mamapun  mempersilahkan  Andra  masuk.
          Andra  menatap  setiap  sudut  ruang  tamu  rumahku  yang  dipenuhi  oleh  foto,  piagam  dan  piala  -  piala  olimpiade  yang  pernah  kumenangkan.  Sejenak  Andra  terpaku  menatap  fotoku  yang  sengaja  dicetak  besar  oleh  papa.
          Mama  yang  tadinya  pergi  ke  dapur  mengambil  minuman  untuk  andrapun  kini  menanyakan  tujuan  kedatangan  Andra.
          “Annisa  sebenarnya  kemana,  tan?”
          Tiba  -  tiba  airmata  mama  menetes  begitu  saja.  Mamapun  pergi  menuju  kamarku  kemudian  kembali  lagi.  Membawa  sepucuk  surat  untuk  Andra.
          “Jawabannya  ada  disini,  Andra.  Bacalah  saat  kamu  pergi  dari  sini”.
          Andrapun  memutuskan  untuk  pamit  dan  pulang.  Sebelum  pulang,  Andra  mampir  ke  taman.  Berniat  membaca  surak  yang  diberikan  oleh  mama.  Diambilnya  secarik  surat  daru  amplop  surat  berwarna  biru  langit  itu  dan  dibacalah  isi  surat  itu.
          ‘To   :  Andrana  pangestu
          Ndra,  mungkin  saat  kamu  membaca  surat  ini  aku  sudah  tak  ada.  Aku  sudah  tak  lagi  melihatmu  main  futsal  dari  jauh.  Tak  lagi  menjadi  secret  admirer  yang  selalu  berniat  mengelap  peluhmu  dengan  saputanganku  yang  berhiaskan  namamu.
          Mungkin  pula,  surat  ini  tetap  berada  dibawah  bantal  tidurku  bertahun  -  tahun  karena  kamu  tak  pernah  mencariku.
          Leokimia  yang  kuderita  selama  2  tahun  terakhir  ini  sepertinya  sudah  tak  bersahabat  lagi.  Hehe..  jadi  aku  akan  pergi  mendahuluimu.
          Namun,  sebelum  aku  pergi.  Aku  ingin  mengutarakan  uneg  -  unegku  yang  sudah  hampir  5  tahun  kupendam.  Andra,  aku  suka  kamu.  Aku  sayang  kamu.  Aku  cinta  kamu.  Only you!
          Aku  tau  dan  aku  yakin,  saat  kamu  membaca  suratku  ini  kamu  pasti  sudah  bahagia  bersama  pasanganmu.  Semoga  kamu  selalu  bahagia,  Andra :’))
But, I just want you to know that I love you so much. just you. I'm always waiting for you. for this you just saw. not others. no one can replace you these hearts. Maybe, you never realize that I always pay attention to you. However, it does not matter anymore. Become the person you love is very difficult for me. impossible, if you love me. But one thing you should know. Life is hard, but I love you :’*
“Jika  aku  bukan  jalanmu…  ku  berhenti  mengharapkanmu.  Jika  aku  memang  tercipta  untukmu,  ku’kan  memilikimu. Jodoh  padti  bertemu” – Afgan.
          Aku  bukan  seorang  puitis.  Jadi  maaf  jika  isi  suratku  ini  sangat  -  sangat  jelek.  Surat  ini  pantas  kok  kamu  buang  ke  tembat  sampah  :’)))
          Terima  kasih  atas  semuanya.
         
          Annisa  F.’

          Tiba  -  tiba  Andra  menundukkan  kepalanya.
          “Kamulah  yang  aku  cintai,  Annisa…”



END

0 komentar:

Posting Komentar